MANFAAT BAWANG HITAM (BLACK GARLIC) BAGI KESEHATAN


Bawang hitam? Ya bawang hitam mungkin terasa aneh bagi kalangan masyarakat pada umumnya di Indonesia. Memang bawang jenis ini masih belum banyak di ketahui dan juga belum banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun bawang hitam merupakan alternatif kesehatan yang sangat baik untuk kita. Banyak manfaat yang terkandung dalam bawang hitam.

Untuk itu yuk kita simak apa itu bawang hitam dan apa manfaatnya bagi kesehatan.

Dimulai dari "Apa itu bawang hitam?"
Adapun bawang hitam yang juga sering di sebut dengan ‘magic black garlic’ adalah bawang putih yang diproses secara alami pada suhu dan juga kelembaban tertentu. Sehingga akan tercipta formulasi kimia yang menghasilkan jenis bawang hitam dengan kandungan didalamnya yang dijadikan sebagai farmakologis untuk kesehatan dan vitalitas tubuh.
Dengan kata lain, black garlic ini merupakan bawang putih yang difermentasikan dalam waktu yang cukup lama sehingga daging buahnya menjadi hitam. Dan berbeda dengan bawang putih biasanya, bawang putih hitam ini memiliki tekstur yang lembut, kenyal, gurih, serta rasanya yang agak manis.
Trus apa saja kandungan bawang hitam?
Bawang hitam disinyalir memiliki 3x manfaat dari bawang putih biasa. Hal ini karena banyaknya kandungan dalam bawang hitam yang baik buat kesehatan yaitu:
  1. Flavonoid
  2. Polifenol
  3. Minyak atsiri
  4. Kalsium
  5. Saltivine
  6. Dially sulfide
  7. Belerang
  8. Lemak tak jenuh
  9. Fosfor
  10. Zat besi
  11. Vitamin A
  12. Vitamin B1
  13. Vitamin C
Apa saja manfaat bawang hitam bagi kesehatan?

1. Sebagai antikanker
Kandungan diallyl sulfida yang terdapat didalam bawang hitam dipercaya memiiki sifat anti kanker yang mampu mencegah hingga menghancurkan berbagai penyebab sel kanker didalam tubuh.
Pada sebuah riset penelitian, kandungan PhIP yang berbentuk HCA atau amina heterosiklik merupakan zat yang dapat memicu penyakit kanker seperti kanker payudara. Adapun dari penelitian tersebut ditemukan sebuah zat yang digunakan sebagai karsinogen yang dapat menghambat pertyumbuhan PhIP yang mampu memicu kanker. Zat tersebut adalah diallyl sulfida yang terdapat didalam bawang hitam. Sehingga agar anda tetap memiliki badan sehat, maka campurkan bawang hitam dalam aneka jenis masakan anda.
2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat bawang hitam lainnya yakni dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut sumber WebMD, terdapat sebuah penelitian yang berhasil membuktikan, bahwasannya dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin, mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7-8%.
3. Menurunkan kadar gula darah
Sebuah penelitian lainnya juga telah membuktikan bahwa bawang hitam mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga dengan mengonsumsi bawang ini secara teratur maka kadar gula darah dalam tubuh anda akan selalu terjaga. Adapun hal tersebut dikarenakan beberapa kandungan alami didalam bawang hitam ini diketahui dapat membantu meningkatkan produksi hormon insulin yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah.
4. Menjadi nutrisi yang rendah kalori
Kandungan nutirisi yang terdapat didalam bawang putih hitam sangatlah banyak dan sangat berguna bagi tubuh. Adapun dalam per 136 gr bawang hitam, didalamnya mengandung:
– Vitamin C sebanyak 71%
– Kalsium sebanyak 25%
– Zat besi sebanyak 13%
– Karbohidrat sebanyak 45%
– Serat 3 gr atau sebanyak 11%
Adapun berbagai kandungan yang terdapat didalam bawang hitam sendiri sangat diperlukan bagi tubuh. Namun meski begitu, didalamnya tidak mengandung senyawa berbahaya seperti kalori dan lemak jenuh. Sehingga manfaat dari bawang hitam ini akan melindungi tubuh dari berbagai zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit didalam tubuh.
5. Membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh
Terdapat suatu penelitian yang membuktikan bahwasannya bawang hitam mampu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh hingga 15%. Sehingga jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat maka rutinlah mengonsumsi bawang hitam ini.
6. Berperan sebagai antioksidan
Salah satu kandungan yang populer dan sangat bermanfaat didalam bawang hitam adalah sebagai antioksidan yang tentunya dapat mencegah berbagai sumber penyakit yang disebabkan oleh racun. Sehingga bawang hitam ini mampu mencegah pertumbuhan sumber penyakit, seperti halnya jamur, virus, bakteri serta cacing yang ada didalam tubuh.
7. Menurunkan resiko obesitas
Jika anda kini tengah mengalami berat badn berlebih dan takut berkembang menjadi obesitas, sebaiknya anda merutinkan mengonsumsi bawang hitam setiap hari. Kandungan zat aniinflamasi yang terkandung didalam bawang ini mampu mengatur lemak didalam tubuh sehingga akan membuat tubuh anda memiliki berat badan yang ideal.
8. Mengobati sakit gigi
Kandungan sifat analgesik yang terdapat didalam bawang putih hitam dipercayai mampu menghilangkan bakteri yag menyebabakan gigi menjadi tidak sehat. Bahkan kandungan yang terdapat didalam bawang hitam ini diketahui mampu menghilangkan sakit gigi karena kandungan sifat antibakteri dan antivirusnya akan membasmi segala penyebab sakit gigi.
9. Mengurangi resiko penyakit demensia dan alzheimer
Penyakit demensia dan alzheimer adalah jenis penyakit keruksakan saraf yang disebabakan oleh radikal bebas sehingga berperan dlam penuaan dini. Kedua penyakit ini disebut-sebut dapat dicegah dengan mengonsumsi bawang hitam. Hal tersebut lantaran kandungan antioksidan didalamnya yang memiliki peranan penting dalam mencegah keruksakan opksidatif.
Jadi, bawang hitam akan bekerja dalam mengurangi stres oksidatif pada seseorang dengan tekanan darah tinggi Sehingga demikian manfaat yang dimilikinya mampu membantu mencegah penyakit otak secara umum khususnya penyakit alzheimer dan juga demensia.
10. Meningkatkan metabolisme didalam tubuh
Kandungan ferroprotin dalam bawang hitam mampu membantu mengeluarkan zat besi yang akan diperlukan oleh protein untuk meningkatkan kinerja sel dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi bawang hitam, maka sistem metabolisme tubuh akan menjadi semakin lancar.
11. Membuat awet muda dan berumur panjang
Meski usia seseorang telah diatur oleh tuhan, namun tentunya dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh bawang hitam ini, yakni dapat mencegah berbagai jenis penyakit yang beresiko menyebabkan kematian. Seperti halnya diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, kanker dan masih banyak penyakit lainnya.
Adapun selain itu, manfaat bawang fermentasi ini juga sangat baik untuk membuang kandungan logam mercuri pada tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh hingga menghilangkan bekas luka. Bahkan tak hanya untuk kesehatan manfaat bawang hitam tunggal maupun lanang juga sangat baik untuk kecantikan. Diantaranya dapat mencegah penuaan dini pada kulit, membersihkan komedo, menghilangkan flek hitam hingga menghilangkan jerawat di wajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FUNGSI TEKS MICROSOFT EXCEL

Fungsi teks digunakan untuk mengelola dan memanipulasi data-data berupa teks. Fungsi-fungsi tersebut dapat digunakan secara sendiri-send...