FUNGSI TEKS MICROSOFT EXCEL


Fungsi teks digunakan untuk mengelola dan memanipulasi data-data berupa teks. Fungsi-fungsi tersebut dapat digunakan secara sendiri-sendiri atau bersama-sama dengan fungsi teks lainnya maupun fungsi-fungsi jenis lain.
Beberapa fungsi teks yang sering digunakan akan dibahas berikut ini!
  1. Fungsi LOWER, UPPER, dan PROPER
    Fungsi LOWER digunakan untuk mengubah semua karakter teks menjadi huruf kecil, fungsi UPPER akan mengubah semua karakter teks menjadi huruf kapital, sedangkan fungsi PROPER mengubah karakter pertama setiap kata pada teks menjadi huruf kapital dan karakter yang lain menjadi huruf kecil. Rumus umum untuk fungsi LOWER, UPPER, dan PROPER adalah sebagai berikut:
    =LOWER(text)
    =UPPER(text)
    =PROPER(text)
    ket.: text adalah text yang akan dirubah bentuk formatnya.
    Contoh: =lower("MICROSOFT EXCEL"), maka akan menjadi: microsoft excel.
    Tanda petik dua digunakan karena data yang disisipkan merupakan bentuk text atau character.
    Jika merubah format teks di cell A3(belajar) maka rumusnya: =upper(A3) kemudian tekan tombol enter maka hasilnya adalah: BELAJAR.
  2. Fungsi LEFT, RIGHT, dan MID
    Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil karakter dengan jumlah tertentu dari data teks dari arah kiri, RIGHT digunakan untuk mengambil karakter dengan jumlah tertentu dari arah kanan dan MID digunakan untuk mengambil karakter dengan jumlah tertentu dari tengah data teks.
    Rumusnya sebagai berikut:
    =LEFT(text;num_chars)
    =RIGHT(text;num_chars)
    =MID(text;start_num;num_chars)
    keterangan:
    text adalah data teks yang ingin diambil karakternya
    num_chars adalah jumlah karakter teks yang ingin diambil
    start_num adalah nomor urut karakter awal yang ingin diambil, dihitung dari kiri.
    Contoh: =LEFT("ABCDE";3) kemudian tekan Enter maka hasilnya adalah ABC.
    =Right("ABCDE";2) maka hasilnya adalah DE
    =MID("ABCDE";2;2) maka hasilnya adalah BC
    tabel contoh fungsi left

    Kemudian jika kita menggunakan data dari Cell maka contohnya seperti ini:
    Jadi cukup mengganti text menjadi nama cell yang terdapat data text yang ingin kita ambil karakternya saja. Perlu di ingat bahwa tanda spasi juga dianggap sebagai carakter jadi tetap dihitung jika seandanya karakter yang ingin Anda ambil ada tanda sepasinya.
  3. Fungsi LEN
    Fungsi LEN digunakan untuk menghitung jumlah karakter data. Rumus untuk fungsi LEN adalah sebagai berikut:
    =LEN(text)
    Fungsi LEN akan menghitung jumlah karakter data termasuk spasi pada data teks yang terdiri dari beberapa kata. Contoh =LEN("POWER POINT") maka hasilnya adalah 11. Atau jika menggunaan cell jadi contohnya seperti ini: =LEN(A6) maka hasilnya adalah 11. (lihat contoh tabel fungsi left)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FUNGSI TEKS MICROSOFT EXCEL

Fungsi teks digunakan untuk mengelola dan memanipulasi data-data berupa teks. Fungsi-fungsi tersebut dapat digunakan secara sendiri-send...