PENGERTIAN SISTEM OPERASI


Biasanya istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstal. Dalam ilmu komputer, sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: Operating System atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi.

Dalam banyak kasus, sistem operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, di mana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  • Mekanisme boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memori
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.


Sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Keluarga Microsoft Windows
    Sitem operasi yang termasuk keluarga windows antara lain: Windows Vista, Windows XP, Windows 2000, Windows 2003, Windows 7, Windows 8, Windows 10.
  2. Keluarga Linux
    Sistem operasi yang termasuk keluarga Linux biasanya menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX seperti SCO UNIX, keluarga BSD, GNU/Linux
  3. Mac Os 
    Mac Os merupakan sistem operasi yang dikeluarkan oleh Apple yang biasa disebut dengan istilah Mac atau Macintosh. Contohnya yaitu: Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard) atau versi 10.7 (Lion)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FUNGSI TEKS MICROSOFT EXCEL

Fungsi teks digunakan untuk mengelola dan memanipulasi data-data berupa teks. Fungsi-fungsi tersebut dapat digunakan secara sendiri-send...